Rabu, 24 Oktober 2018

Perusahaan yang menggunakan model bisnis B2C

Perusahaan yang menerapkan e-bisnis B2C
Bhinneka.com merupakan salah satu toko online terbesar Indonesia yang didirikan pada tahun 1999 oleh Hendrik Tio, dengan nama legal PT Bhinneka Mentari Dimensi (BMD). Penjualan Bhinneka.com didukung oleh berbagai macam outlet fisik dari Bhinneka.com yang tersebar luas di beberapa tempat di Jakarta sehingga dapat menjangkau tempat-tempat yang jauh dan memudahkan pengiriman maupun pembelian secara langsung. Kini Bhinneka.com telah memiliki 7 outlet yang tersebar di berbagai wilayah Jakarta dan berlokasi pusat di Jl. Gunung Sahari Raya 73C #5-6, Jakarta Pusat. Produk-produk yang ditawarkan Bhinneka.com tidak hanya berupa komputer, perangkat hardware dan software serta aksesorisnya, tetapi juga ada kelengkapan fotografi, aneka gadget, hingga peralatan kantor. Analisis SWOT Bhineka.com :

Strengths
Dalam mencapai tujuannya, Bhinneka.com memiliki fitur-fitur yang penting yang sekiranya dibutuhkan oleh konsumen dalam memudahkan terjadinya transaksi. Fitur-fitur kemudahan yang disediakan oleh Bhineka.com antara lain :
-          Gratis Pengiriman kelebih dari 100 kota di Indonesia
-          Pembayaran kas saat barang tiba di tangan pembeli ( Cash on Delivery )
-          Cicilan 0%
-          Konfirmasi Pembayaran ( jika menggunakna online transfer )
-          Tidak perlu menghubungi via e-mail / sms / telepon, cukup mengklik konfirmasi pembayaran dan memasukkan data yang diminta, konfirmasi dapat langsung di proses.
-          Tracking pengiriman barang dimana posisi barang berada.

Weaknesses
Tidak terdapat fasilitas retur barang yang memudahkan konsumen untuk melaksanakan retur sebab,barang elektronik apabila tidak memiliki perawatan terhadap sediaan dengan baik cenderung menjadi rusak. ( Contohnya, terbentur saat pengiriman, atau telah mengalami kerusakan terlebih dahulu digudang ). Hal ini dapat dicegah dengan membentuk tim penerimaan barang retur dan membuat form pengembalian barang oyang harus diisi oleh konsumen yang akan melakukan retur 
barang sehingga, retur dapat dicatat denga baik dan perbaikan terhadap sediaan yang masih mungkin, dapat dilakukan untuk mencegah adanya kerugian yang cukup besar.

Opportunities
Melihat pertumbuhan bisnis online di Indonesia yang begitu pesatnya pada akhir-akhirini, Bhinneka.com dapat terus berkembang sampai dalam jangka waktu yang sangat lama. Hal inididukung pula oleh trend bisnis online yang terus meningkat seiring dengan meningkatnya mobilitas penduduk Indonesia yang tinggi dengan beragam aktivitas maka, bisnis online memberikan jawaban atas kebutuhan penduduk Indonesia berupa kemudahan bagi penduduk Indonesia dalam mendapatkan barang yang dibutuhkan/diinginkan.

Threat
Persaingan usaha. Banyaknya persaingan pesaing yang masuk kedalam pasar dagang denganproduk elekrtonik/gadget impor membuat Bhinneka.com harus bersaing dalam rangaka mendapatkan pelanggan dalam jumlah yang banyak.
-Jejaring bisnis yang bersaing dengan e-commerce lainnya yang juga sedang berkembang diIndonesia. Walaupun belum terlalu banyak yang melakukakn e-comerce seperti ini di Indonesia namun, dalam kurun waktu kurang dari satu tahun perkembangan bisnis seperti ini bermunculan seiring semakin mudahnya masyarakat mendapatkan akses internet. Kekuatan perusahaan dalam membangun jejaring bisnis mulai dari jejaring suppliernya hingga pada jejaring customer, membuat perusahaan e-commerce dengan fokus perdagangan barang elektronik semakin ketat.

0 komentar:

Posting Komentar