Perusahaan yang menerapkan e-bisnis B2C
Bhinneka.com merupakan salah satu toko online terbesar Indonesia
yang didirikan pada tahun 1999 oleh Hendrik Tio, dengan nama legal PT
Bhinneka Mentari Dimensi (BMD). Penjualan Bhinneka.com didukung oleh
berbagai macam outlet fisik dari Bhinneka.com yang tersebar luas di beberapa
tempat di Jakarta sehingga dapat menjangkau tempat-tempat yang jauh dan memudahkan pengiriman
maupun pembelian secara langsung. Kini Bhinneka.com telah memiliki 7 outlet yang
tersebar di berbagai wilayah Jakarta dan berlokasi pusat di Jl. Gunung
Sahari Raya 73C #5-6, Jakarta Pusat. Produk-produk yang ditawarkan Bhinneka.com
tidak hanya berupa komputer, perangkat hardware dan software serta aksesorisnya,
tetapi juga ada kelengkapan fotografi, aneka gadget, hingga peralatan kantor. Analisis
SWOT Bhineka.com :
Strengths
Dalam mencapai tujuannya, Bhinneka.com memiliki fitur-fitur yang
penting yang sekiranya dibutuhkan oleh konsumen dalam memudahkan terjadinya
transaksi. Fitur-fitur kemudahan yang disediakan oleh Bhineka.com antara lain :
-
Gratis Pengiriman kelebih dari
100 kota di Indonesia
-
Pembayaran kas saat barang tiba
di tangan pembeli ( Cash on Delivery )
-
Cicilan 0%
-
Konfirmasi Pembayaran ( jika
menggunakna online transfer )
-
Tidak perlu menghubungi via
e-mail / sms / telepon, cukup mengklik konfirmasi pembayaran dan
memasukkan data yang diminta, konfirmasi dapat langsung di proses.
-
Tracking pengiriman barang dimana posisi barang berada.
Weaknesses
Tidak terdapat fasilitas retur barang yang memudahkan
konsumen untuk melaksanakan retur sebab,barang elektronik apabila tidak
memiliki perawatan terhadap sediaan dengan baik cenderung menjadi rusak. (
Contohnya, terbentur saat pengiriman, atau telah mengalami kerusakan terlebih dahulu
digudang ). Hal ini dapat dicegah dengan membentuk tim penerimaan barang retur
dan membuat form pengembalian barang oyang harus diisi oleh konsumen yang
akan melakukan retur
barang sehingga, retur dapat dicatat denga baik dan perbaikan
terhadap sediaan yang masih mungkin, dapat dilakukan untuk mencegah adanya
kerugian yang cukup besar.
Opportunities
Melihat pertumbuhan bisnis online di Indonesia yang begitu
pesatnya pada akhir-akhirini, Bhinneka.com dapat terus berkembang sampai dalam
jangka waktu yang sangat lama. Hal inididukung pula oleh trend bisnis online
yang terus meningkat seiring dengan meningkatnya mobilitas penduduk Indonesia
yang tinggi dengan beragam aktivitas maka, bisnis online memberikan jawaban
atas kebutuhan penduduk Indonesia berupa kemudahan bagi penduduk Indonesia
dalam mendapatkan barang yang dibutuhkan/diinginkan.
Threat
Persaingan usaha. Banyaknya persaingan pesaing yang masuk kedalam
pasar dagang denganproduk elekrtonik/gadget impor membuat Bhinneka.com harus
bersaing dalam rangaka mendapatkan pelanggan dalam jumlah yang banyak.
-Jejaring bisnis yang bersaing dengan e-commerce lainnya yang juga
sedang berkembang diIndonesia. Walaupun belum terlalu banyak yang melakukakn
e-comerce seperti ini di Indonesia namun, dalam kurun waktu kurang dari
satu tahun perkembangan bisnis seperti ini bermunculan seiring semakin mudahnya
masyarakat mendapatkan akses internet. Kekuatan perusahaan dalam membangun
jejaring bisnis mulai dari jejaring suppliernya hingga pada jejaring customer, membuat perusahaan e-commerce dengan fokus perdagangan barang
elektronik semakin ketat.






0 komentar:
Posting Komentar